SAYURAN YANG AMPUH MEMBANTU PROSES DIET

Berat badan sangat identik dengan wanita. Kenapa ? karena kebanyakan dari wanita sangat merisaukan berat badan tubuhnya. Demi menjaga bentuk tubuh yang ideal mereka rela berjuang untuk menambah atau mengurangi porsi makan mereka. Kegiatan ini sering disebut dengan diet. Diet sebenarnya bukan dengan mengurangi porsi makan atau bahkan tidak makan sama sekali. Tubuh setiap harinya butuh asupan makanan dengan kadar dan porsi tertentu. Jika diet dengan cara tidak makan, bukan malah mendapatkan bentuk yang ideal, tetapi malah menimbulkan masalah kesehatan kronis lainnya. Dalam proses diet yang seharusnya diperhatikan adalah komponen makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Mengurangi makanan pemicu berat badan bertambah adalah solusinya. Artian disini adalah mengurangi, bukan tidak mengkonsumsi sama sekali. Bahan makanan yang mengandung lemak memang akan menimbulkan berat badan bertambah jika dikonsumsi dalam jumlah yang besar.

            Namun, lemak tetap diperlukan untuk asupan komponen dalam tubuh dengan porsi tertentu. Nah, banyak dari dokter atau petugas kesehatan yang menyarankan seseorang ketika akan melaksanakan program diet. Karena sayuran mengandung beberapa zat yang diperlukan oleh tubuh dengan tanpa menambah berat badan. Berikut pembahasan sayur apa saja sih yang dapat menyukseskan program diet seseorang.

  1. Bayam

Sayuran bayam sangat mudah ditemukan di halaman atau di kebun rumah. Harga yang dijual di pasaran juga tergolong sangat murah. Alasan kenapa sayur bayam dianggap pilihan bahan makanan yang tepat bagi seseorang yang akan menjalankan program dietnya adalah karena bayam mengandung magnesium, seng dan juga zat besi. Ketiga zat tersebut memiliki beberapa fungsi diantaranya dapat mempercepat proses pembakaran dalam tubuh. nah inilah yang memiliki peran yang sangat besar untuk menyukseskan program diet seseorang. Selain magnesium, seng, dan zat besi ternyata bayam juga memiliki kandungan beberapa vitamin. Vitamin yang dikandungnya adalah vitamin A dan vitamin K. Kedua vitamin ini bertanggungjawab dalam memperlancar proses sirkulasi darah di dalam tubuh. sehingga menilik dari berbagai manfaat di atas, sangat dianjurkan bagi yang sedang giat melakukan diet untuk mengkonsumsinya secara rutin.

  1. Wortel

Sayuran kedua yang dipercaya mampu membuat seseorang berhasil menurunkan berat badannya dalam waktu sekejap adalah wortel. Buah yang berwarna oranye ini memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Serat inilah yang membuat perut menjadi lebih lama merasa kenyang sehingga mengurangi hasrat untuk makan. Wortel juga mengandung vitamin C, beta karoten, protein dan masih banyak lagi lainnya. Karena wortel juga mengandung betakaroten, maka dapat membantu percepatan proses metabolisme sehingga aktivitas di dalam tubuh begitu juga dengan pembakaran lemak akan berlangsung cepat.

  1. Selada

Sayuran mewah ini yang memiliki nama latin Lactuca Sativa L mengandung vitamin, mineral, magnesium dan serat. Kandungan serat inilah yang juga memiiki fungsi untuk membuat perut merasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan dapat dikendalikan dan cocok untuk membantu program diet anda. Selada dapat diolah menjadi berbagai macam sajian makanan jika memang tidak terlalu menyukai dalam bentuk mentah. Bisa dibuat menjadi sup atau produk olahan lainnya.

  1. Kubis

Sayuran yang satu ini juga wajib anda masukkan ke dalam daftar makanan selama program diet anda berlangsung. Sayuran yang satu ini ternyata melalui pengujian di laboratorium tidak mengandung kolesterol dan tidak mengandung lemak jenuh yang berbahaya. Kubis itu sendiri memiliki kandungan kalori yang sangat rendah sehingga cocok untuk dijadikan makanan penunjang saat melakukan diet. Komposisi yang dikandung oleh kubis adalah dalam setiap 70 gram kubis terdapat karbohidrat sejumlah 4,3 gram , lalu serat sebesar 2,2 gram serta 0,1 gram lemak. Jadi jangan lupa masukkan kubis di dalam list makanan dietmu ya.

  1. Kacang-kacangan

Sayuran yang masuk dalam kelompok kacang-kacangan efektif dalam mengurangi berat badan atau dikonsumsi saat diet. Karena kacang-kacangan yang memiliki kandungan protein sangat tinggi tetapi tidak memiliki kandungan lemak jenuh. Maka dari itu perlu ditekankan bahwa saat diet asupan kalori memang dianjurkan untuk dikurangi, tetapi mengkonsumsi protein harus tetap dilakukan karena mengingat fungsi protein yaitu untuk mengganti sel-sel tubuh yang rusak misalnya. Selain tidak mengandung kalori, kacang-kacangan juga mengandung serat yang tinggi sehingga perut akan terasa kenyang lebih lama.

            Untuk menjadi individu dengan tampilan dan bentuk tubuh yang ideal serta menarik memang menjadi cita-cita mayoritas manusia. Namun ketika mencapai impian tersebut jangan sampai meninggalkan atau melupakan kewajiban bahwa tubuh kita juga perlu diberikan asupan zat makanan yang sesuai dengan proporsi semestinya. Sebenarnya program diet tidak hanya diperuntukkan untuk mengurangi berat badan hanya demi penampilan, tetapi juga memang dianjurkan agar tubuh bisa terhindar dari penyakit yang biasa timbul karena kandungan lemak dalam tubuh yang tinggi.  Cantik atau tampan memang idaman, tetapi kesehatan harus tetap diutamakan.