MANFAAT LIDAH BUAYA UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN

Pernah dengar kalimat seperti ini?

“ Ibu, anak saya rambutnya tipis, di kasih apa ya biar lebat?”

“Di kasih lidah buaya aja Bu, cepet kok prosesnya.”

Apakah benar lidah buaya bisa membuat lebat rambut? Mitos atau fakta? Jawabannya adalah fakta. Lidah buaya memang bisa membuat lebat rambut, yang di maksud di sini adalah mempercepat tumbuhnya rambut karena kandungan Alkalizing di dalam lidah buaya, selain itu lidah buaya juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh khususnya kesehatan dan kecantikan. Yuk , kita kupas lebih lanjut manfaat lidah buaya dan manfaat yang terkandung di dalamnya.

Aloe vera atau sering dikenal dengan  nama lidah buaya merupakan tumbuhan yang mudah di temukan di daratan kering Afrika. Tumbuhan yang berwarna hijau dan memiliki duri di sisi kanan dan kiri tubuhnya ini kaya akan zat yang bermanfaat dan diperlukan oleh tubuh, seperti enzim , asam amino, vitamin, mineral , polisakarida dan komponen zat lainnya. Selain itu, tumbuhan ini sejak dulu sering dikenal dan digunakan sebagai salah satu jenis tumbuhan yang bisa menjadi obat alami untuk bagian luar tubuh maupun dalam tubuh, Sehingga , tanaman ini disebut sebagai tanaman keabadian oleh bangsa Mesir. Seiring perkembangan jaman dan kemajuan teknologi banyak produk olahan dari lidah buaya , namun untuk Anda yang ingin menggunakan secara alami ( langsung mengambil dari tanamannya ) bisa, karena manfaatnya juga tidak kalah dengan produk olahan dari pabrik.

Inilah beberapa manfaat lidah buaya.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dan Penangkal Radikal Bebas.

Lidah buaya memiliki kandungan antioksidan tinggi. Nah , Antioksidan ini memang sangat perlu sebagai penangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Radikal bebas merupakan senyawa yang berpotensi sebagai penyebab penyakit berbahaya bagi tubuh. Sehingga , mengkonsumsi lidah buaya setiap hari ( satu hari sekali ) bisa membuat tubuh memiliki kandungan antioksidan yang cukup untuk melawan radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satu cara mengkonsumsinya adalah dengan menjadikannya jus lidah buaya.

  1. Alkalisasi Tubuh

Alkalisasi merupakan proses menjaga kadar keasaman yang terdapat di dalam tubuh. Lidah buaya merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki kandungan Alkali , sehingga dengan mengkonsumsi jus lidah buaya mampu membantumenyeimbangkan kadar keasaman yang ada di dalam tubuh kita atau menyeimbangkan keasaman makanan yang kita konsumsi.

  1. Membantu Proses Detoksifikasi

Kandungan mineral, vitamin , serta protein di dalam lidah buaya membuat tumbuhan ini menjadi salah satu alternative sebagai detoksifikasi tubuh. sebagai manusia yang hidup di jaman modern dengan segala bentuk jenis makanan yang tidak sehat serta lingkungan yang kurang bersih membuat tubuh kita terkena imbasnya. Oleh karena itu, mengkonsumsi jus lidah buaya membantu proses detoksifikasi di dalam tubuh kita.

  1. Mengurangi Rasio Gula Darah

Salah satu zat yang terkandung di dalam lidah buaya adalah aloe amoedin , sebuah senyawa organic dari golongan antrokuinon yang berfungsi untuk mengaktivasi jenjang sinyal dan meningkatkan laju sintesis glikogen. Sehingga sangat bermanfaat untuk menurunkan rasio gula darah di dalam tubuh. Caranya adalah dengan mengkonsumsi jus lidah buaya setiap sehari sekali.

  1. Disarankan Untuk Penderita Diabetes.

Dewasa ini, banyak masyarakat yang terkena penyakit diabetes yang disebabkan oleh makanan yang mereka konsumsi. Faktanya , lidah buaya memiliki kandungan senyawa lektin, mannans, dan anthraquinones yang mampu membantu penyakit diabetes, sehingga sangat cocok dijadikan salah satu alternatif. Dianjurkan untuk mengkonsumsi dalam bentuk jus.

  1. Mengobati Wasir

Wasir merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh kurangnya konsumsi makanan mengandung serat dan aktivitas padat. Lidah buaya bisa menjadi alternative, caranya dengan mengkonsumsi lidah buaya dicampur dengan air hangat dan madu. Konsumsi tiga kali sehari sebelum atau sesudah makan untuk mendapatka hasilnya.

  1. Mengobati Bisul.

Bisul merupakan penyakit yang menyebalkan bagi sebagian orang karena sangat mengganggu. Lidah buaya menjadi salah satu alternatif, cukup menumbuk daun dan tambahkan garam lalu tempelkan ke bisul dan diamkan beberapa jam hingga kering. Setelah kering buka tempelan dan bisul akan ikut terangkat.

  1. Melebatkan Rambut dan Menjaga Kelembaban Rambut.

Seperti yang sudah disinggung di atas, lidah buaya memang bermanfaat untuk melebatkan rambut. Kandungan enzim mampu membuang sel kulit mati yang menghambat pertumbuhan rambut serta alkalisasi dari lidah buaya mampu membuat kadar pH rambut menjadi normal, sehingga pertumbuhan rambut bisa cepat dan kelembaban rambut terjaga.

  1. Menghilangkan Jerawat dan Flek Hitam pada Wajah.

Lidah buaya mengandung banyak vitamin kecuali vitamin D, sehingga sangat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat, bekas jerawat , serta menghilangkan flek hitam pada wajah. Caranya , oleskan gel lidah buaya ke wajah yang berjerawat . Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Mencegah Penuaan Dini dan Menghilangkan Bekas Strech Mark.

Caranya adalah dengan mengoleskan lidah buaya ke permukaan kulit wajah, kerutan di wajah perlahan akan hilang begitupun dengan bekas strect mark yang sangat mengganggu para ibu-ibu pasca melahirkan. Dengan mengoleskan gel lidah buaya secara rutin, bekas stretch mark akan hilang.

Itulah beberapa manfaat dari lidah buaya. Namun, yang harus Anda perhatikan adalah , sebagian dari kita mungkin tidak bisa mengkonsumsi lidah buaya . Disarankan untuk lebih berhati-hati dalam mengolahnya, karena efeknya pun berbeda bagi setiap orang.