MANFAAT KAYU MANIS UNTUK KESEHATAN

Kayu manis merupakan  sejenis pohon penghasil rempah – rempah. Kayu yang masuk ke dalam genus Cinnamomun ini termasuk salah satu jenis rempah – rempah yang beraroma, manis, dan pedas. Pada zaman mesir kuno, tanaman ini sering dijadikan sebagai obat dan dianggap sebagai obat mujarab. Selain itu , kulit pada batang kayu manis juga dimanfaatkan sebagai salah satu bahan untuk membuat balsam. Pun pada abad pertengahan , dokter sering menggunakan tanaman ini sebagai obat batuk , radang tenggorokan , bahkan radang persendian. Kayu ini berasal dari Karibia namun persebarannya sudah sampai ke Indonesia, dan mudah di temukan hutan Sumatera.

Secara bentuk fisik, kayu manis tidak ada bedanya dengan batang tanaman lainnya, namun yang membedakan adalah kulit batang pada kayu manis lebih tebal, kemudian di kerok hingga tipis , lalu di jemur sampai kering hingga berbentuk gulungan berwarna coklat kemerahan. Pada perkembangan jaman, kayu manis lebih banyak di gunakan sebagai bahan untuk penyedap rasa atau bumbu masak. Padahal manfaat kayu manis banyak untuk kecantikan maupun kesehatan tubuh. manfaatnya adalah :

  1. Mengontrol Gula Darah

Batang dari kayu manis di percaya dapat menurunkan kadar gula darah. Kayu manis mengandung senyawa kafeat dan sinamat sehingga mampu menghambat alfa-glukosidase yang merupakan salah satu penyebab penyakit dula darah. Cara mengkonsumsinya yaitu meminum air seduhan kulit batang kayu manis. Seduhan ini cocok untuk penderita diabetes dan hypoglycemia.

  1. Sumber Nutrsi

Kulit batang kayu manis mengandung serat , kalsium, mineral, dan zat besi dalam jumlah kecil. Meskipun begitu kulit batang kayu manis dapat menjadi salah alternative untuk memenuhi kebutuhan gizi Anda jika di konsumsi dengan takaran yang pas.

  1. Menyembuhkan Borok atau Bisul

Jika Anda memiliki penyakit borok dan bisul. Kulit kayu manis sangat cocok untuk Anda, karena kandungan dari batang kayu manis mengandung senyawa H.pylori yaitu pantogen penyebab borok atau bisul dan antioksidan yang mampu mempercepat penyembuhan. Sehingga batang kayu manis mampu melawan infeksi secara alami.

  1. Menyuburkan Kandungan.

Kayu manis mengandung zat kimia alami yaitu senyawa cinnamaldehyde, senyawa ini berfungsi meningkatkan hormone progresteron dan menurunkan produksi testoteron pada wanita sehingga mampu menyeimbangakan hormone yang mempengaruhi kesuburan. Untuk Anda yang sedikit bermasalah dengan kesuburan kandungan bisa mencoba mengkonsumsi kulit kayu manis, dengan mengolahnya sesuai selera Anda.

  1. Memperlancar Haid

Karena senyawa cinnamaldehyde yang memiliki sifat dapat menyeimbangkan hormone, batang kayu manis juga dapat digunakan untuk memperlancar haid, hal ini berlaku juga untuk mempercepat peluruhan darah haid.

  1. Mengurangi Proliferasi Sel Kanker.

Menurut penelitian di University of Texas, yang diterbitkan di dalam jurnal Nutrion and Cancer, menunjukkan bahwa kayu manis dapat menurunkan proliferasi sel kanker sekaligus pencegah kanker.

  1. Menurunkan Kolesterol.

Kayu manis dapat menurunkan kadar kolesterol jaha (LDL)t dalam darah tanpa menguragi atau menghilangkan kolesterol baik dalam darah (HDL). Karena fungsinya dapat meluruhkan lemak lumayan cepat sehingga penurunan kadar kolesterol jahat juga cepat.

  1. Mengurangi Rasa Nyeri Rematik atau Arthritis.

Studi yang dilakukan di Departemen of Internal Medicine, Rumah Sakit Gangnam , Korea, menunjukkan bahwa kayu manis digunakan untuk mengurangi sitokin yang menyebabkan nyeri rematik atau arthritis.

  1. Menyehatkan Jantung.

karena sifatnya yang mampu menurunkan kolesterol jahat dalam darah otomatis kesehatan jantung akan terjaga dan jantung akan sehat, serta dapat terhindar dari penyakit jantung koroner. Selain itu , kandungan anti inflamasi di dalamnya sangat efektif untuk mencegah infeksi dan kerusakan pada pembuluh darah jantung.

  1. Menangani Masalah Kesehatan yang Cukup Berat.

Menurut penelitian di Laboratorium Penelitian Sitokin, Departemen Experimental Therapeutics, The University Of Texas, menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengurangi peradangan kronis terkait dengan gangguan neurologis. Sehingga kayu manis menawarkan perawatan terhadap penyakit neurogdegeneratif , termasuk penyakit Alzheimer, Parkinson, tumor otak, meningitis, dan multiple sclerosis.

  1. Efektif terhadap HIV.

Menurut Journal University of Texas, menyebutkan bahwa ekstrak yang paling efektif terhadap HIV-1 dan HIV-2 adalah ekstrak batang kayu manis dan cardiosprenum.

Itulah beberapa manfaat kayu manis yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang, semoga bermanfaat.