MANFAAT BUNGA KENANGA BAGI KESEHATAN

Bunga dengan berbagai manfaat yang memiliki nama ilmiah Cananga Odorata ini memang sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia umumnya. Terlebih bagi mereka yang hidup di pedesaan mungkin masih sering dijumpai pohon kenanga. Pohon dari tanaman kenanga memang memiliki ukuran yang sangat tinggi dalam pertumbuhannya, bisa mencapai 12 meter atau lebih. Tekstur kayu yang keras sehingga sering dimanfaatkan untuk bahan atap rumah atau bangunan. Tanaman ini memang lebih sering digunakan untuk campuran mawar atau jenis bunga yang lainnya yang sering digunakan untuk ‘nyekar’ ke pemakaman. Akibatnya ketika musim awal ramadhan atau awal hari raya permintaan akan tumbuhan jenis ini akan meningkat tajam. Diikuti dengan peningkatan harga yang tidak main-main pula. Jika di hari biasa, harga satu kilogram  mencapai 7 sampai 9 ribu, berbeda halnya ketika musim awal ramadhan atau awal hari raya idul fitri tiba. Harga yang ditetapkan bisa mencapai lebih dari 150 ribu per kilogramnya. Bunga kenanga dari pedesaan-pedesaan memang lebih sering dijual ke luar kota seperti perkotaan besar dan tempat makam tokoh-tokoh yang memang sering dikunjungi ketika berziarah.

            Selain itu, manfaat tanaman ini juga sering digunakan untuk bahan pembuatan minyak wangi lho. Memang minyak wangi yang berbahan dasar bunga kenanga ini sekarang jarang sekali digunakan oleh masyarakat karena menimbulkan warna kuning yang membekas di baju. Selain itu, aromanya menyeruak dan tidak terlalu disukai oleh banyak orang pada umumnya. Bunga kenanga memiliki manfaat yang banyak lho apalagi di bidang kesehatan. Berikut akan dipaparkan manfaat yang diberikan oleh bunga kenanga terhadap peningkatan kesehatan tubuh manusia.

  1. Bermanfaat meringankan sakit reumatik

Salah satu manfaat tanaman ini untuk kesehatan adalah dapat meringankan penyakut rumatik. Penyakit yang dulunya sering dialami oleh orang berusia lanjut ini ternyata sekarang juga menyerang kaum muda lho. Karena gaya hidup yang kurang benar mengakibatkan banyak penyakit yang dulunya lebih sering dialami oleh orang lanjut usia tetapi kini juga mampir di usia muda. Nah mungkin dari banyak masyarakat yang memiliki riwayat penyakit reumatik lebih sering mengkonsumsi obat warung atau obat lain yang berbahan dasar kimia. Padahal seperti yang kita ketahui, obat yang berbahan dasar kimia lambat laun akan memberikan efek samping pada tubuh kita jika dikonsumsi dalam waktu yang lama. Nah, untuk alternatif menyembuhkan penyakit reumatik ini dapat menggunakan ramuan yang berbahan dasar bunga kenanga. Cara pemakaiannya adalah menggunakan beberapa buah bunga kenanga sesuai kebutuhan lalu dihancurkan dengan cara ditumbuk atau digilas. Selanjutnya dibalurkan atau dioleskan pada bagian tubuh yang terasa sakit. Hendaknya dilakukan secara rutin agar penurunan sakitnya lebih cepat dan maksimal.

  1. Bermanfaat menyembuhkan penyakit kulit

Manfaat lain bagi kesehatan adalah menyembuhkan penyakit kulit. Penyakit kulit memang sering mengganggu penampilan utamanya. Kulit yang terkena kadas atau bekas gigitan serangga misalnya. Rasa yang ditimbulkan biasanya gatal yang tak tertahankan. Jika digaruk terlalu keras dan sering dapat merusak kulit di sekitarnya. Nah, untuk mengatasi ini, dapat digunakan tumbukan dari bunga kenanga. Lalu hasil daritumbukan tersebut dioleskan pada daerah atau bagian tubuh yang terkena penyakit kulit tersebut.

  1. Bermanfaat mencegah bau badan

Seperti yang disebutkan sebelumnya. Bahwa salah satu manfaat bunga kenanga adalah sebagai bahan wangi-wangian. Nah problem yang satu ini memang sangat mengganggu khususnya anak muda. Bau badan biasanya diakibatkan karena produksi keringat yang berlebih serta bakteri kulit yang terlalu banyak sehingga menimbulkan bau badan. Nah cara alami dan alternatif yang dapat digunakan untuk menyembuhkan bau badan ini adalah dengan menggunakan bunga kenanga secukupnya lalu dicampurkan dengan gula batu secukupnya. Setelah kedua bahan tersebut tersedia, mulai direbus dengan air sebanyak 600 cc. Jika sudah mendidih, air rebusan tersebut disaring. Air dari hasil saringan tersebutlah yang dikonsumsi secara rutin maksimal satu hari sekali.

  1. Meredakan sesak nafas

Mungkin anda belum banyak mengetahui manfaat tanaman ini bagi kesehatan salah satunya dapat meredakan sesak nafas. Cara yang efektif dan dapat dilakukan untuk mengatasi problem kesehatan yang satu ini dengan cara mencapurkan bunga kenanga dengan satu sendok teh gula. Nah campuran yang terbentuk ini direbut dengan 300 cc air. Tunggu hingga mendidih sampai hanya tersisa setengah dari ukuran awal. Lalu tunggu hingga dingin, barulah ramuan untuk meredakan sesak nafas dari bunga kenanga dapat diminum. Ramuan ini juga dapat digunakan untuk terapi sehingga memperkecil potensi kambuhnya penyakit tersebut.

Selain dari yang disebutkan diatas. masih banyak manfaat lain dari tanaman ini baik bagi kesehatan, kecantikan dll.