BUAH DAN SAYUR YANG DAPAT MENGOPTIMALKAN KINERJA OTAK

Sehat memang dambaan setiap orang. Sehat tentunya harta terbesar yang dimiliki manusia. Untuk menjadi sehat tidak mahal. Tidak seperti berobat yang menghabiskan uang berlembar-lembar. Tanpa kita sadari banyak di sekitar kita yang memberikan manfaat secara cuma-cuma. Bahan makanan alami yang kerap kita lihat memiliki kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh. mekanisme tubuh kita sebagian besar juga dipengaruhi oleh kinerja otak. Otak yang merupakan pusat kendali tubuh kita. Tubuh kita seakan terkontrol dan tersetting untuk menuruti apa yang diperintahkan oleh otak. Berangkat dari fakta ini, sudah terlihat jelas peran otak yang sangat vital bagi keberlangsungan kinerja tubuh. analoginya, jika tubuh merasa lelah, tetapi otak masih sangat ceria, maka tubuh kita pun akan terbawa semangat. Tetapi jika tubuh sebenarnya mash kuat, namun otak sudah lelah, maka yang ada hanyalah lemas dan tidak bersemangat.

            Di sisi lain, otak juga memegang kendali tentang apa yang seharusnya dilakukan secara sadar oleh tubuh kita. Otak yang mengintruksikan kepada anggota tubuh akan apa aktivitas yang akan dilakukan. Otak juga sering dikaitkan dengan potensi akademik seseorang maupun potensi kreativitas yang dimiliki manusia. Otak manusia terdiri dari dua bagian. Bagian yang kiri lebih diidentikkan dengan kemampuan rasionalitas. Lebih berperan pada analisis dan sains. Otak bagian kanan lebih identik dengan seni dan kreativitas. Nah jika seseorang memiliki kemampuan mengkombinasikan kedua belahan otak ini secara optimal, maka orang tersebut akan menjadi jenius dan cerdas dalam berbagai bidang. Namun, kapasitas otak yang dimiliki oleh setiap orang jika tidak dijaga dan tidak sering diasah akan mengalami penurunan produktivitas. Nah dengan rajin mengasah, seperti membaca buku, atau hal-hal lain yang berkaitan dengan kinerja otak, akan membuat otak kembali potensial dan dapat bekerja secara optimal. Nah disisi lain, selain melakukan usaha seperti yang disebutkan diatas, pengoptimalan kinerja otak juga dapat dicapai dengan mengkonsumsi bahan makanan yang tentunya mendorong produktivitas yang baik pada otak. Bahan makanan yang tidak mengandung bahan kimia sangat dianjurkan dalam hal pemeliharaan otak. Nah dalam kesempatan kali ini akan dibahas mengenai bahan makanan terutama buah dan sayur yang dianjurkan untuk dikonsumsi jika menginginkan hasil kinerja otak yang baik.

  1. Terong

Bahan pangan yang satu ini merupakan jenis sayuran yang sudah tidak asing di telinga kita. Berawarna ungu dan hijau kebanyakan sering ditanam oleh petani negara kita. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau sehingga semua lapisan masyarakat dirasa mampu untuk membeli dengan tujuan konsumsi. Perlu diketahui, bahan makanan terong ini memiliki zat nasunin yang efektif meningkatkan komunikasi antar sel yang ada di otak. Sehingga otak akan lebih cepat tanggap dan tidak lambat dalam berfikir.

  1. Wortel

Selain bermanfaat untuk kesehatan mata dan kuit, sayur yang berwarna orange satu ini memiliki khasiat dalam hal kinerja otak. Mencegah penuaan dini yang biasanya ditandai dengan demensia atau alzheimer. Selain itu wortel juga efektif meningkatkan kemampun dalam mengingat sehingga menurunkan potensi pikun dini.

  1. Bawang putih

Bawang putih memang terkenal sebagai komponen vital dalam bumbu atau penyedap masakan. Namun disisi lain, bawang putih memiliki manfaat yaitu melindungi sel otak dari kerusakan. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung anioksidan yang tinggi. Disamping itu, bawang putih juga efektif menurunkan resiko sakit jantung.

  1. Buah berry

Kandungan yang dimiliki oleh buah berry adalah vitamin C yang efektif mencegah kanker karena juga memiliki antioksidan yang sangat tinggi. Dalam hubungannya dengan kinerja otak, buah berry ini diketahui mengandung asam lemak omerga 3 yang ternyata memiliki fungsi dalam kaitannya dengan peningkatan daya ingat. Sehingga, penyakit pikun akan dapat diminimalisir.

  1. Jeruk

Kandungan vitamin C yang begitu tinggi membuat buah jeruk digunakan dalam berbagai pengobatan atau sebagai bahan baku multivitamin. Nah berkaitan dengan kinerja otak sendiri, buah jeruk mengandung antioksidan yang dapat dibilang tinggi. Sehingga mampu meningkatkan potensi otak dalam mencegah penurunan fungsi kinerjanya.